Tom Hanks mulai tampil dengan Great Lakes Shakespeare Festival pada tahun 1977, kemudian pindah ke New York City. Dia membintangi sitkom televisi Bosom Buddies, tetapi menjadi jauh lebih dikenal ketika dia membintangi film Splash karya Ron Howard. Dia menjadi headline banyak film populer dan terkenal, termasuk Big, Forrest Gump dan Cast Away, dalam perjalanan untuk menjadi salah satu aktor paling kuat dan dihormati di Hollywood.

Awal kehidupan dan karir

Hanks lahir pada 9 Juli 1956, di Concord, California. Orang tua Hanks bercerai ketika dia berusia 5 tahun, dan dia dibesarkan, bersama kakak laki-laki dan perempuannya, oleh ayahnya, seorang koki bernama Amos. Keluarga itu sering berpindah-pindah, akhirnya menetap di Oakland, California, tempat Hanks bersekolah.

Setelah lulus pada tahun 1974, Hanks masuk baccarat online perguruan tinggi junior di Hayward, California. Dia memutuskan untuk mengejar akting setelah membaca dan menonton pertunjukan The Iceman Cometh karya Eugene O’Neill (1946), dan dipindahkan ke program teater di California State University di Sacramento.

Pada tahun 1977, Hanks direkrut untuk mengambil bagian dalam sesi musim panas Festival Great Lakes Shakespeare di Lakewood Ohio. Selama tiga tahun berikutnya, Hanks menghabiskan musim panasnya berakting di berbagai produksi drama Shakespeare dan musim dinginnya bekerja di belakang panggung di sebuah perusahaan teater komunitas di Sacramento. Dia memenangkan Penghargaan Cleveland Critics Circle untuk Aktor Terbaik pada tahun 1978, untuk perannya sebagai Proteus dalam The Two Gentlemen of Verona.

Film dan Karir
Terobosan Besar Dengan ‘Splash’

Pada 1980, Hanks putus kuliah, dan setelah musim ketiganya dengan festival Great Lakes, dia pindah ke New York City. Banyak putaran audisi kemudian, ia mendapatkan bagian kecil dalam film pedang 1980 Dia Tahu Anda Sendiri. Pada tahun yang sama dia ditemukan oleh pencari bakat untuk ABC dan berperan dalam sitkom televisi Bosom Buddies, berperan sebagai salah satu dari dua eksekutif periklanan yang berpakaian seret untuk menyewa apartemen di gedung khusus wanita.

Acara itu dibatalkan setelah dua musim, tetapi itu memberi Hanks beberapa paparan dan membuatnya berperan sebagai tamu di berbagai episode acara populer seperti Happy Days (1974-84), Taxi (1978-83), The Love Boat (1977- 87) dan Ikatan Keluarga (1982-89). Pada tahun 1982, Ron Howard, lawan main Happy Days dan sekarang bekerja sebagai sutradara, mengenang Hanks dan menyuruhnya membaca untuk peran pendukung dalam sebuah film. Peran pendukung itu akhirnya jatuh ke tangan John Candy, dan Hanks malah mendapatkan peran utama dalam Howard’s Splash (1984) sebagai pria yang jatuh cinta pada putri duyung, yang diperankan oleh Daryl Hannah. Film itu menjadi hit yang mengejutkan, dan Hanks tiba-tiba menjadi wajah yang bisa dikenali.