Thomas Jeffrey Hanks lahir di Concord, California, dari Janet Marylyn (Frager), seorang pekerja rumah sakit, dan Amos Mefford Hanks, seorang juru masak keliling. Keluarga ibunya, awalnya bermarga “Fraga”, seluruhnya Portugis, sedangkan ayahnya sebagian besar keturunan Inggris. Tom dibesarkan dalam apa yang dia sebut sebagai keluarga yang “retak”. Dia sering berpindah-pindah setelah orangtuanya bercerai, hidup dengan keluarga tiri. Tidak ada masalah, tidak ada alkoholisme – hanya masa kecil yang membingungkan. Dia tidak memiliki casino online pengalaman akting di perguruan tinggi dan memuji fakta bahwa dia tidak dapat berperan dalam drama perguruan tinggi dengan benar-benar memulai karirnya. Dia pergi ke pusat kota, dan mengikuti audisi untuk drama teater komunitas, diundang oleh sutradara drama itu untuk pergi ke Cleveland, dan di sana karir aktingnya dimulai.

Ron Howard sedang mengerjakan Splash (1984), sebuah komedi fantasi tentang putri duyung yang jatuh cinta dengan seorang eksekutif bisnis. Howard mempertimbangkan Hanks untuk peran sebagai saudara laki-laki dari karakter utama, yang akhirnya jatuh ke tangan John Candy. Alih-alih, Hanks mendapatkan peran utama dan film tersebut menjadi kejutan sukses box office, meraup lebih dari $69 juta. Setelah beberapa kali gagal dan cukup sukses dengan film agen sbobet komedi Dragnet (1987), posisi Hanks di industri film meningkat. Kesuksesan luas dengan komedi fantasi Besar (1988) menjadikannya sebagai talenta utama Hollywood, baik sebagai pengundian box office maupun dalam industri film sebagai aktor. Untuk penampilannya dalam film tersebut, Hanks mendapatkan nominasi Academy Award pertamanya sebagai Aktor Terbaik.

Hanks naik kembali ke puncak lagi dengan perannya sebagai legenda bisbol yang berubah menjadi manajer Liga Mereka Sendiri (1992). Hanks telah menyatakan bahwa aktingnya di peran sebelumnya tidak bagus, tetapi kemudian dia meningkat. Dalam sebuah wawancara dengan Vanity Fair, Hanks mencatat “era pembuatan film modern … karena cukup banyak penemuan diri telah terjadi … Pekerjaan saya menjadi tidak terlalu palsu agen sbobet dan berlebihan”. “Era modern” ini dimulai untuk Hanks, pertama dengan Sleepless in Seattle (1993) dan kemudian dengan Philadelphia (1993). Yang pertama adalah kesuksesan blockbuster tentang seorang duda yang menemukan cinta sejati melalui gelombang radio. Richard Schickel dari Waktu majalah menyebut penampilannya “menawan”, dan sebagian besar kritikus setuju bahwa penggambaran Hanks membuatnya mendapat tempat di antara bintang komedi romantis utama di generasinya.

Biografi Mini

Peran Hanks selanjutnya – astronot dan komandan Jim Lovell, dalam dokudrama Apollo 13 (1995) – mempertemukannya kembali dengan Ron Howard. Kritikus umumnya memuji film tersebut dan penampilan seluruh pemerannya, termasuk aktor Kevin Bacon, Bill Paxton, Gary Sinise, Ed Harris, dan Kathleen Quinlan. Film ini juga mendapatkan sembilan nominasi Academy Award, memenangkan dua. Belakangan tahun itu, Hanks membintangi film animasi komputer Disney/Pixar, Toy Story (1995), sebagai pengisi suara Sheriff Woody. Setahun kemudian, dia melakukan debut penyutradaraannya dengan komedi musikal That Thing You Do! (1996) tentang naik turunnya grup pop tahun 1960-an, juga berperan sebagai produser musik.

Pada 2022, Hanks berusia 66 tahun. Dia tidak pernah pensiun dari akting, dan tetap aktif di industri film selama lebih dari empat dekade.