Ingin Memiliki Hewan Peliharaan Unik? Cek Ular Peliharaan Berikut, yuk!

0 Comments

Ada banyak hewan yang bisa kamu pelihara dan berikan kasih sayang padanya, tidak terkecuali ular. Di dunia ini setidaknya terdapat 2.800 spesies ular yang berbeda, dan tentunya tidak semuanya berbahaya. Meski ular memang identik dengan hewan berbahaya, tetapi ternyata banyak loh jenis ular peliharaan yang dapat menjadi pilihan.

Berikut ini kami memiliki beberapa rekomendasi ular yang bisa kamu pelihara dan ular-ular ini relatif jinak, jadi tidak berbahaya.

Jenis-Jenis Ular Peliharaan Terbaik untuk Dipelihara

1.Red-Tail BOA

Red-Tail BOA ular peliharaan

Pertama ada ular jenis Boidae, yaitu Red-tail Boa. Sesuai dengan namanya, ular ini memiliki warna yang merah di bagian ekornya. Hewan satu ini bisa tumbuh sampai dengan ukuran 3 meter, jadi kalau ingin memeliharanya kamu harus bisa menyiapkan kandang yang agak besar agar ia nyaman.

Ular satu ini sangat tidak direkomendasikan untuk kamu yang tidak konsisten. Karena Red-tail Boa dapat hidup selama 30 tahun, dan makanannya adalah tikus besar atau pun kelinci.

2. Ball Python

Ball Python ular peliharaan

Sepertinya Ball Python adalah ular peliharaan yang sudah sangat sering kita lihat. Karena hewan ini cenderung tenang dan jinak. Memiliki panjang sekitar 1,5 meter dan bisa hidup sampai beberapa dekade.

Kenapa ular peliharaan ini diberi nama Ball Python? Karena ia sangat suka melingkar dengan erat saat sedang merasa terancam. Untuk memelihara Ball Python, kamu tidak perlu membutuhkan banyak pemanas atau penerangan. Karena perawatannya yang cukup mudah, bagi para pemula tidak ada salahnya memilih Ball Python sebagai hewan peliharaan ular pertamamu.

3. Green Tree Python – Ular Peliharaan

Green Tree Python

Masih dari keluarga Phyton, berikutnya ada Green Tree Python yang merupakan ular dengan warna yang indah. Warna hijaunya ini sangat menyerupai dedaunan, di mana merupakan habitatnya. Ia suka untuk meringkuk di atas pohon dan menggantung di sana.

Ketika sudah dewasa, ular ini bisa mencapai panjang sampai sekitar 2 meter dan kerap kali ia dikira ular Emerald Tree Boa.

4. King Snake

King Snake

Keempat ada King Snake, ular yang disebut ‘Raja’ karena ia tidak segan untuk memangsa ular lain. Karena sifatnya ini, kamu harus memelihara ular ini sendirian.

King Snake sendiri berasal dari Amerika Utara dan Selatan, tetapi mereka berkembang dengan baik di penangkaran, jadi tidak sulit untuk mencari orang yang jual ular peliharaan ini.  

5. Black Rat Snake

Black Rat Snake

Selanjutnya ada Black Rat Snake, atau biasa disebut ular tikur hitam. Memiliki penampilan yang polos tidak membuat para pencinta Ular tidak tertarik pada ular ini, karena ternyata dibalik warnanya yang polos tersebut ia memiliki kemampuan atletis. Ketika sedang takut, ia memiliki sikap yang hampir sama dengan ular derik, yaitu akan mengerutkan tubuh dan menggetarkan tubuh mereka.

Black Rat Snake memiliki kebiasaan dalam memangsa makannya, di mana ia akan membelit mangsanya sebelum memakannya.

6. Corn Snake – Ular Peliharaan

Corn Snake ular peliharaan

Jenis ular peliharaan terakhir yang kami sarankan adalah Corn Snake, ular yang memiliki ukuran kecil tapi warnanya indah dan penuh dengan variasi. Biasanya ular ini bisa tumbuh hingga 1,5 meter dan ahli untuk melarikan diri. Corn Snake tidak dikenal mudah menggigit juga ia merupakan Han peliharaan yang jinak.

Nah, itulah beberapa ular yang cocok dijadikan hewan peliharaan. Beberapa di antaranya merupakan ular yang memiliki sifat alami jinak, jadi bisa menjadi ular peliharaan pemula. Semoga informasi ini bisa bermanfaat!