Tips Rawat Bunglon Untuk Pemula

0 Comments

Bunglon adalah hewan unik yang memiliki kemampuan berbeda dari hewan-hewan lainnya. Salah satu daya tarik yang dimiliki hewan ini adalah kemampuannya untuk berubah warna sesuai dengan keadaan sekitarnya. Hal ini yang membuat banyak orang tertarik untuk memeliharanya meski sebenarnya hewan ini cukup sulit untuk dipelihara.

Untuk kalian yang baru Memelihara, ada beberapa hal yang tidak boleh lepas dari perhatian. Ini adalah beberapa tips yang wajib untuk diikuti ketika ingin merawat bunglon.

Tips Memelihara Bunglon

1.Pahami Spesiesnya

Bunglon

Ada banyak spesies bunglon yang ada di Indonesia, jadi kamu harus tahu jenis apa yang akan kamu pelihara. Karena dengan demikian kamu lebih paham cara penanganannya. Salah satu jenis yang sering ditemukan di Indonesia adalah bunglon londok.

Bunglon Londok dulu sangat mudah ditemukan, bahkan anak-anak sering memburu jenis ini. Tapi sekarang mereka sudah mulai sulit ditemukan karena habitatnya berganti menjadi perumahan warga.

2. Pahami Sifatnya

Pahami Sifatnya

Ketika mencoba untuk memeliharanya, maka pahamilah sifatnya. Meski ciri khusus bunglon bisa berubah warna, tapi nyatanya ia hanya akan melakukan itu pada saat tertentu. Kalau sedang berjemur di bawah sinar matahari pada siang hari, maka warnanya menjadi kemerahan dengan pipi yang sedikit menghitam.

Pada umumnya perubahan warna yang Bunglon lakukan bisa karena ia merasa stres atau ketika sedang ingin menarik pasangannya di masa kawin. Jadi jangan senang dulu ketika melihat warna bunglonmu berubah warna.

3. Persiapkan Kandang

Kandang bunglon

Ukuran dari hewan ini memang tergolong kecil dan gerak yang ia lakukan tidak terlalu banyak. Tapi bukan berati kita memberikan kandang dengan ukuran kecil padanya. Hewan ini sendiri memiliki jenis kandang yang bernama reptarium, umumnya memiliki dinding kaca dengan ventilasi.

Tambahkanlah beberapa tanaman hidup agar bunglon merasa itu adalah rumahnya. Jika tidak yakin dengan tanaman hidup, bisa gunakan tanaman palsu. Sediakan pula batang pohon, karena bunglon gemar memanjat.

4.Jaga Kandang Tetap Lembab

Kandang

Bunglon adalah hewan yang rawan pada situasi lembab. Jadi kalau situasi pada kandang terlalu lembab, maka pada kulitnya akan tumbuh jamur yang membuatnya rawan terkena penyakit.

Disarankan untuk setidaknya menjaga kelembapan 65-80%, jaga juga suhunya agar tetap pada suhu 29-33o. Untuk tetap menjaga kelembapannya, bisa dengan menambahkan sabut kelapa di dalam kandang. Sering-sering juga bersihkan kandang, ya!

5. Makanan Bunglon

Makanan Bunglon

Makanan hewan yang suka berubah warna ini adalah serangga, jadi untuk bisa memenuhi pakan hewan ini kamu harus menyediakan serangga seperti jangkrin, ulat, ngengat, belalang, dan serangga-serangga lain. Sedangkan untuk minumnya, kamu bisa semprotkan air pada dedaunan yang ada pada kandangnya. Nanti hewan satu ini akan menjilati air yang ada di dedaunan itu. Atau bisa juga dengan meletakkannya pada Siping botol, nanti bunglon bisa menjilat tetesan air dari sana.

6. Cara Memelihara Bunglon

Bunglon

Ia adalah hewan yang penyendiri, jangan letakkan lebih dari satu ekor bunglon pada Satu kandang. Karena itu bisa membuat hewan ini stres. Letakkan hewan ini pada satu kandang hanya ketika ia sedang dalam masa kawin saja.

Berikan pula suplemen untuk hewan peliharaanmu ini, yang paling utama adalah suplemen kalsium. Jangan lupa untuk selalu bersihkan kandang agar tetap nyaman!

Nah, itulah beberapa tips untuk memelihara hewan bunglon. Rawatlah dengan sepenuh hati, ya!