TIPS MEMELIHARA KELINCI DI RUMAH DENGAN TEPAT UNTUK PEMULA

0 Comments

Memiliki hewan peliharaan menjadi hal yang sangat menyenangkan, dapat bermain bersama dengan hewan kesayangan di rumah. Banyak sekali hewan yang dapat dijadikan sebagai hewan peliharaan di rumah, salah satunya adalah kelinci. Siapa bilang bahwa kelinci ini tidak bisa dipelihara di rumah? Nyatanya hal Ini dapat terwujudkan. Kamu dapat memelihara hewan  bergigi dua ini di rumah kamu. Teruntuk para pemula juga bisa melakukan hal ini, asalkan dirawat edngan baik dan benar. Pastinya setiap hewan peliharaan yang dipelihara ingin mereka mempunyai umur yang panjang, agar bisa terus menemani hari demi hari kamu. Tentunya untuk mewujudkan hal tersebut harus dirawat dengan perawatan yang tepat.

Usia dari kelinci sendiri itu dapat bertahan hidup kurang 5 sampai dengan 10 tahun, bahkan lebih dari umur tersebut pun bisa. Sama dengan hewan peliharaan lainnya bahwa kelinci juga membutuhkan kebutuhan khusus untuk dapat menunjang hidupnya agar lebih sehat dan juga bahagia. Dengan telinganya yang panjang dan juga tubuhnya yang gembul dan menggemaskan ini dapat membuat kamu tidak tahan melihat kelucuan dari hewan ini. Untuk kamu para pemula yang baru akan memelihara kelinci, ada baiknya untuk mencaritahu dahulu tentang kelinci. Agar nantinya tidak terlalu blank tentang memelihara kelinci, berikut tips memelihara kelinci yang tepat untuk pemula.

1.Menyediakan Kandang yang Nyaman

Menyediakan Kandang yang Nyaman

Karena hewan yang kita pelihara di rumah agar dia tidak merasa bahwa dia itu sedang dikurung, maka harus mempersiapkan kandangnya yang nyaman. Sebab ini memiliki peranan penting untuk kelinci agar dia tidak merasa stress dan bisa beradaptasi dengan tempat tinggalnya yang baru. Sebab kelinci tidak dapat berada pada suhu yang ekstrem, salah satunya itu ketika musim panas sedang datang. Sehingga ruangan yang diberikan untuk kelinci haruslah dibuat senyaman mungkin.

Kelinci merupakan hewan yang sensitive serta pendengarannya yang tajam, jadi kalau ada suara yang membuatnya kaget atau suara hewan buas lain yang dekat dengannya akan membuatnya menjadi stress dan tertekan. Selain itu juga dia ini merupakan hewan yang aktif, berikan kandang yang memang berukuran cukup besar agar dia bisa bergerak dengan bebas.

2.Memberikan Makanan yang Seimbang

Memberikan Makanan yang Seimbang

Makanan menjadi hal yang harus diperhatikan juga, agar dia bisa tumbuh dan berkembang dengan sehat maka makanan yang masuk ke dalam tubuhnya pun haruslah tepat dan baik. Terdapat kasus tentang kelinci yang sakit bahkan mati, karena makanan yang dikonsumsinya tersebut tidak sesuai dengan pencernaan yang mereka miliki. Maka dari itu harus lebih memperhatikan tentang makanan kelinci, jadi makanan yang tepat untuk kelinci itu seperti.

Rumput jerami, karena ini dapat membantu sistem dari pencernaan kelinci selain itu juga terdapat serat yang dibutuhkan untuk dapat menghindari masalah kesehatan. Bisa juga memberi sayur – sayuran seperti wortel dan juga bisa memberikan camilan seperti stoberi, pir, persik dan lain – lain.

3.Cukupi Asupan Air serta Menghindari Beberapa Jenis Makanan

Cukupi Asupan Air serta Menghindari Beberapa Jenis Makanan

Jangan sampai kelinci kekurangan cairan dalam tubuhnya, maka dari itu pastikan kelinci mendapatkan cukup air. Kamu bisa menggunakan mangkuk atau botol sipper yang bisa kamu bersihkan setiap harinya. Karena biasanya bila tidak sering dibersihkan aliran airnya bisa tersumbat dan akan menyushkan kelinci untuk meminum. Selain itu juga bila menggunakan mangkuk usahakan mangkuk dengan bobot yang agak berat agar menjaganya tidak tumpah.

Terdapat beberapa makanan yang memang harus dihindari oleh kelinci, karena itu bisa merusak sistem pencernaan dari kelinci. Makanan tersebut seperti kacang – kacangan, bawang merah, bamboo, biji – bijian, cokelat, permen. Selain itu juga jauhkan kelinci dari jangkauan barang – barang yang berbahaya, karena kelinci ini doyan sekali ngunyah.

Itulah beberapa tips memelihara kelinci untuk pemula di rumah.