Cara Pelihara Sugar Glider yang Baik!

0 Comments

Kecil, lucu, menggemaskan, mungkin itu adalah kata-kata yang paling tepat untuk menggambarkan Sugar glider. Ya, Sugar glider adalah hewan yang akhir-akhir ini menjadi pilihan banyak orang untuk pelihara. Banyak aspek yang membuat mereka memilih Sugar glider untuk dijadikan hewan peliharaan, tetapi sayangnya mereka kurang paham bagaimana cara terbaik untuk merawatnya.

Sugar Glider

Hewan ini ternyata membutuhkan perhatian yang sangat berlebih loh, karena jika tidak maka akan mudah sakit dan berakhir pada kematian. Pastinya kamu tidak ingin Sugar glider yang kamu miliki mati dengan cepat karena penanganan yang salah, kan?

Berikut ini kami memiliki beberapa tips untuk kamu yang baru memiliki hewan menggemaskan ini!

Cara Merawat Sugar Glider

1.Pahami Perawatan Dasar Sugar Glider

Sugar Glider lucu

Seharusnya sebelum memilih untuk memiliki hewan kecil satu ini, kamu sudah memahami dasar perawatannya. Sebagai pemilik, kamu harus bisa meluangkan waktu untuknya agar hubungan antara kamu dengan dia bisa terbentuk. Jika demikian, nantinya ia akan percaya padamu.

Hewan ini adalah jenis yang bisa membangun ikatan kuat, tapi sekalinya ikatan tersebut rusak maka ia akan sangat sedih. Jika ingin memelihara hewan ini, ada baiknya memilih yang berpasangan karena itu akan membuat mereka menjadi lebih bahagia.

2. Pahami Kondisi Kesehatannya

Sugar Glider makan

Sebelum memilih untuk membawanya pulang, sebaiknya kamu sudah memiliki dokter hewan yang memiliki spesialis untuk merawat Sugar glider. Karena hewan ini rentan sakit dan ada baiknya diperiksa satu tahun satu kali agar memastikan keadaannya baik-baik saja.

3. Pastikan Jenisnya dan Ketahui Penyakit Umum yang Diidapnya

Sugar Glider gemay

Ketahuilah jenis Sugar glider apa yang kamu miliki, lalu pahami juga penyakit apa yang biasa rentan menyerangnya. Seperti hewan lainnya, setiap jenis dari hewan ini memiliki penyakit yang bisa saja menyerang sewaktu-waktu. Jadi ada baiknya kenali penyakit yang kemungkinan bisa menyerang jenis hewan milik kamu.

4. Siapkan Kandang yang Nyaman

kandang Sugar Glider

Sebagai hewan yang memiliki kemampuan untuk meluncur di udara,kamu harus memastikan memiliki kandang yang cukup luas agar hewan ini tidak setres di dalam kandang. Jadi kandang Sugar glider haruslah memiliki ukuran minimal tinggi 30 cm dengan lebar 60 cm dan jarak jerujinya tidak lebih dari ukuran 1.25 cm.

Tetapi jika kamu memiliki ruang yang lebih luas, disarankan untuk membangun kandang yang lebih luas lagi. Jangan gunakan kandang yang terbuat dari galvanis, ini bisa membuat mereka terinfeksi.

Untuk membuat mereka nyaman di dalam kandang, ada baiknya sediakan kantong dengan bahan yang nyaman, seperti wol atau kain. Nantinya ini bisa menjadi tempat untuk hewan kecil ini beristirahat di siang hari.

Sebagai hewan yang biasanya memanjat di pepohonan, kami sarankan untuk meletakkan tangkai di dalam kandang.

5. Beri Makanan

Sugar Glider makanan

Untuk makanannya, hewan ini harus sangat diperhatikan. Karena ia butuh diet yang sehat. Jangan berikan hewan kamu ini sekantong pelet, karena ia harus mengatur asupan lemak yang ada di dalam tubuhnya.

Berikanlah mereka buah dan sayur setiap malam. Pahami pola makan yang baik untuknya, karena jika tidak kamu bisa saja merusak rasio gizinya. Jangan pula beri mereka makanan hewan lain, seperti misalnya anjing atau kucing. Karena nutrisi yang dibutuhkan sangat berbeda.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai tips untuk merawat Sugar glider. Jadi apakah kamu sudah siap untuk memulai merawat hewan lucu satu ini?