Bosan yang Biasa? Pelihara Reptil, yuk!

0 Comments

Bagi kamu yang bosan dengan hewan peliharaan yang biasa atau mungkin ingin mencoba memiliki hobi baru yang unik, bagaimana mencoba memelihara reptil? Reptil adalah jenis hewan yang tidak membutuhkan banyak perhatian, tetapi sebagai hewan peliharaan kamu juga harus memberikan dia sentuhan kasih sayang.

Hewan jenis ini memang memiliki tampilan yang cenderung galak dan menyeramkan, tetapi sebenarnya reptil merupakan hewan yang jinak. Itu sebabnya akhir-akhir ini semakin banyak orang yang mulai tertarik untuk memelihara reptil.

Berikut ini kami memiliki beberapa contoh hewan reptil yang bisa dipelihara. Oh ya, reptil tidak selalu tampak menyeramkan loh, karena terkadang ia tampak menggemaskan juga!

Jenis Reptil yang Bisa Dipelihara

1.Bearded Dragon

Bearded Dragon

Kalau hanya mendengar namanya saja, mungkin kita mengira ia adalah hewan penuh bulu yang besar. Tapi nyatanya ini merupakan kadal naga yang memang tampak memiliki janggut. Hewan ini sangat mudah untuk dirawat, selain itu ia suka dengan interaksi kalau sudah memiliki ikatan batin yang kuat.

Makanan yang dibutuhkan Bearded Dragon adalah serangga juga sayuran. Selain itu hewan ini membutuhkan tidur yang sama dengan manusia, jadi cocok untuk kamu yang suka bekerja dari rumah.

2. Ular Jagung

Ular Jagung

Kalau suka yang lebih ekstrem dan berbeda, cobalah untuk memelihara Ular Jagung. Meski ia ular, tetapi ular Jagung adalah hewan yang sangat tenang. Asal selalu rutin memberinya makan pasti kamu akan aman.

Tapi jika ingin memelihara ular Jagung, sebaiknya pikirkan dulu dengan masak. Karena ular ini bisa hidup hingga 23 tahun, di mana merupakan waktu yang lama untuk memelihara seekor hewan.

3. Kura-Kura Rusia

Kura-Kura Rusia

Kura-kura Rusia merupakan hewan reptil yang sudah populer untuk menjadi peliharaan. Perawatan hewan ini tidak terlalu merepotkan dan juga ia adalah hewan herbivora yang suka makan gulma serta bunga-bunga liar.

Tapi kalau ingin memelihara hewan ini, disarankan untuk memiliki komitmen yang kuat. Karena kura-kura Rusia bisa hidup sampai 50 tahun.

4. Bunglon

Bunglon

Kalau cara perawatannya, mungkin Bunglon memang bukan merupakan jenis reptil yang mudah untuk di rawat. Di mana ia merupakan hewan yang mudah untuk stres serta tidak suka pada sentuhan dari manusia.

Tapi yang membuat bunglon populer di kalangan pencinta reptil adalah karena ia memiliki kemampuan untuk berubah warna. Tentunya ini merupakan salah satu daya tarik dari bunglon dan membuat banyak orang suka padanya.

5. Blue Tongue Skink

Blue Tongue Skink

Blue Tongue Skink adalah reptil yang sesuai namanya, ia memiliki lidah biru yang kerap kali keluar seperti ular. Meski memiliki bentuk fisik yang tampak menyeramkan, tetapi ternyata reptil ini memiliki sifat yang mudah nyaman dan ramah terhadap sentuhan manusia. Keunikan dari lidahnya ini juga menjadi salah satu faktor kenapa banyak orang yang tertarik untuk memilikinya.

Nah, itulah beberapa hewan reptil yang bisa dipelihara di rumah. Memang banyak hewan reptil yang tidak perlu perawatan khusus, tetapi sebaiknya sebagai pemilik ada baiknya untuk tetap memberikan perhatian-perhatian khusus padanya.

Selain itu jangan pelihara hewan jenis ini jika di rasa kurang telaten dalam merawatnya. Karena jika demikian, hewan reptil bisa berbahaya untuk Anda. Terlebih lagi jika yang dipilih merupakan jenis karnivora, di mana jangan sampai terlewatkan waktu makannya.

Semoga ulasan ini bisa membantu Anda yang sedang ingin merawat hewan reptil, ya!