MEMANFAATKAN BOTOL PLASTIK BEKAS UNTUK BERTANAM HIDROPONIK

Bertanam hidroponik merupakan cara bertanama yang tidak menggunakan tanah sebagai media tanamnya. Tanah bisa digantikan oleh kerikil, pasir, pecahan genting, sebagai wadahnya anda bisa menggunakan pot, paralon besar, ataupun botol plastik bekas. Salah satu media yang banyak orang gunakan adalah botol bekas, karena harganya yang murah. Berikut saya akan memaparkan sedikit tentang cara bertanam hidroponik dengan menggunakan botol plastik bekas.

aquaponik-sederhana

Bahan – bahan yang diperlukan :

  1. Botol plastik bekas ukuran 1, 5 liter atau 2 liter. Anda dapat menggunakan botol bekas air mineral.
  2. Gunting/cutter.
  3. Sumbu kompor.
  4. Paku dan korek.
  5. Media tanam (Kerikil/sekam bakar/pasir.)
  6. Nutrisi untuk tanaman hidroponik (anda dapat membelinya di toko pertanian).
  7. Air untuk melarutkan nutrisi.
  8. Bibit tanaman.

Langkah – langkahnya :

  1. Potong dengan menggunakan gunting/cutter botol plastik menjadi dua bagian. Usahakan potongan untuk bagian bawah botol lebih besar dari potongan botol bagian atasnya.
  2. Lubangi tutup botol dengan menggunakan paku yang sudah dipanasi. Untuk ukuran lubangnya anda dapat menyesuaikan dengan ukuran diameter sumbu kompor yang anda gunakan.
  3. Isi potongan botol bagian bawah dengan nutrisi yang sudah dilarutkan dengan air. Untuk takaran nutrisinya anda dapat melihat pada kemasan nutrisi atau menanyakan langsung pada penjualnya. Fungsi dari ukuran botol yang lebih besar dari bagian atas adalah agar anda tidak usah sering – sering mengisi cairan nutrisi.
  4. Masukkan sumbu ke dalam lubang tutup botol yang sudah dilubangi tadi, kemudian tutup botolnya.
  5. Masukkan media tanam yang sudah siap untuk digunakan kedalam potongan botol bagian atas tadi.
  6. Setelah itu tanam bibit yang sudah disiapkan pada media tanam di dalam potongan botol bagian atas tersebut.
  7. Masukkan botol bagian atas ke dalam botol bagian bawah dengan posisi terbalik, dengan posisi tutup botol berada dibawah. Usahakan agar sumbu dapat menyentuh cairan nutrisi dan menyentuh media tanam yang digunakan. Karena sumbu ini merupakan selang yang mengalirkan nutrisi.
  8. Yang perlu diperhatikan adalah anda harus mencuci bersih botol bekas yang anda gunakan sebelum anda menngunakanya untuk bertanam. Karena zat – zat kimia bekas minuman bersoda dapat menyebabkan tanaman berkembang kurang baik.

Nah itulah tadi tentang  cara bertanam Tanaman Obat hidroponik dengan memanfaatkan botol bekas. Selain harganya yang murah, ini juga dapat mengurangi sampah lingkungan karena memanfaatkan botol bekas sebagai bahannya.

About The Author

Reply