Landak Mini? Bagaimana Cara Merawatnya?

0 Comments

Landak adalah hewan yang ditakuti karena memiliki duri yang tajam dan bisa melukai siapa pun yang mengancamnya. Tetapi akhir-akhir ini banyak orang yang penasaran untuk memelihara hewan satu ini, namun yang biasa menjadi peliharaan mereka adalah jenis landak mini. Kenapa? Karena jenis landak ini jauh lebih tidak berbahaya kalau dibandingkan dengan jenis landak yang memiliki ukuran reguler.

Landak mini merupakan hewan nokturnal yang lebih aktif kalau sedang di malam hari. Akhir-akhir ini semakin banyak orang yang mencoba memelihara landak mini karena lucu dan cukup mudah untuk dipelihara.

Berikut ini kami memiliki cara merawat landak mini yang mungkin akan sangat memudahkan kamu yang ingin memelihara hewan kecil dan lucu ini.

Cara Merawat Landak Mini

1.Perhatikan Jenisnya

Landak Mini

Sebelum kamu memutuskan untuk memelihara landak mini, ada baiknya untuk tahu tentang jenis landak yang akan kamu pelihara. Beberapa jenis landak mini yang umum dipelihara adalah Pinto, Salt and Pepper, Mini Charciakm dan Albino. Harga landak mini yang ditawarkan pun berbeda, sesuai dengan jenisnya.

Disarankan untuk membeli landak mini langsung dari peternak atau setidaknya beli hewan menggemaskan ini dari Pet Shop agar terjamin kesehatannya.

2. Kenali Karakteristik Landak Mini

Landak Mini

Setelah kamu memiliki landak mini, ketahuilah beberapa karakteristik dari landak ini. Pertama ia adalah hewan yang pemalu dan kalau disentuh ia akan menggulung menjadi bola. Ini memang mekanisme pertahanan alami dari landak, di mana ia menganggap mereka yang tidak familia adalah ancaman bahaya. Selain itu, landak memiliki penglihatan yang buruk, bahkan saat ia lahir matanya terlahir buta.

Oh ya, jika duri pada landak minimu rontok jangan khawatir. Karena nantinya duri-duri itu akan digantikan dengan duri yang lebih kuat.

3. Perhatikan Kandangnya

Landak Mini

Ada banyak jenis kandang landak mini, tapi setidaknya belilah yang memiliki ukuran 30 cm agar bisa memberikan ruang gerak yang lebih baik untuk landak ini. Selain itu disarankan membeli kandang dengan material logam. Isi kandang dengan serbuk kayu yang akan berguna sebagai tempat tidur untuk landak itu.

Tambahkan juga mainan yang akan membuat mereka lebih sering melakukan aktivitas, jadi tidak hanya diam seharian di dalam kandang.

4. Perhatikan Asupannya

Landak Mini

Sebagai makhluk hidup, landak mini juga memiliki jenis makanan yang bisa ia makan. Makanan landak mini adalah serangga, cacing, ulat, kaki seribu, mealworm, siput, hewan-hewan kecil, dan aneka buah-buahan lainnya. Selain asupan makanan, berikan minuman di kandangnya dan pastikan selalu terisi.

Mereka juga membutuhkan vitamin agar tubuhnya bisa tetap terjaga kesehatannya. Vitamin untuk landak mini atau untuk hewan bisa dengan mudah kamu temukan di toko hewan.

5. Mandikan Teratur

Landak Mini

Agar kesehatan tetap terjaga dan tidak bau, landak mini juga perlu untuk dimandikan. Mandi hanya butuh sampo bayi dan siapkan ember kecil yang berisi air hangat. Siapkan juga sikat gigi untuk menyikat duri-duri dari landak mini ini.

Bagian yang penting untuk dibersihkan adalah bagian perutnya, terutama sela tubuhnya. Bilas tubuh landak mini hingga bersih hingga tidak ada sisa sampo yang ada di tubuhnya. Keringkan hewan kecil ini dengan handuk agar kering.

Nah, itulah beberapa cara untuk memelihara landak mini. Selain memerhatikan kesehatannya, pastikan untuk terus berinteraksi dengan hewan kecil ini agar ia menjadi lebih cepat untuk dekat denganmu.