CARA MERAWAT HAMSTER YANG BARU LAHIR DENGAN TEPAT

0 Comments

Banyak sekali hewan yang dapat dipelihara di rumah, dari muali yang ukurannya besar sampai dengan ukurannya yang sangat kecil sekali pun. Tergantung pada kesenangan dan kegemaran yang dimiliki oleh orang – orang, salah satunya hewan yang banyak  digemari dan dipelihara di rumah adalah hamster. Hewan mungil berbulu menggemaskan ini tidak pernah terlewatkan untuk menjadi hewan peliharaan di rumah. Pastinya kalian sewaktu masih kecil pernah memelihara hewan dengan gigi dua besar seperti kelinci ini. Apalagi ketika masih sekolah dulu, hewan ini selalu dijual di depan sekolah. Sehingga orang – orang setidaknya pernah memelihara hewan ini meskipun tidak sekarang tetapi ketika masih kecil itu pasti pernah mengalami.

Meskipun ukurannya yang kecil ini tidak akan membuat hewan ini menjadi pendiam, karena justru aslinya hewan ini adalah hewan yang aktif. Dia senang sekali berlari kesana kemari, bahkan di dalam kandangnya saja disediakan mainan untuk digunakan mereka bermain. Karena memang hewan yang satu ini sangatlah aktif dan senang bermain, bila mereka tidak begitu nantinya mereka itu bisa stress. Di Indonesia sendiri hewan hamster ini dikembangbiakkan dengan tujuan untuk berbisnis, tetapi ada juga yang memang dipelihara untuk dirinya sendiri. Ketika hamster kamu melahirkan dan kamu memelihara bayi hamster itu apakah perawatannya sama dengan hamster dewasa?  Simak ulasannya berikut ini tentang cara merawat hamster yang baru lahir dengan tepat.

1.Mengamati Fisik dari Bayi Hamster

Mengamati Fisik dari Bayi Hamster

Hamster yang sudah dipelihara dari lama dan akhirnya sekarang dia sudah melahirkan. Membuat kita sebagai pemiliknya itu merasakan rasa senang bukan, akhirnya ada anggota keluarga baru di dalam kandang tersebut. Pastinya akan sangat lucu dan imut – imut bukan bayi tersebut, tetapi kamu perlu memperhatikan sesuatu bila bayi hamster sudah melahirkan.

Salah satunya adalah dengan mengamati warna kulit dari bayi hamster tersebut, ketika bayi hamster berwarna merah muda berarti bayi tersebut masih hidup. Tapi bila sudah berwarna biru itu berarti bayi hamster tersebut sudah tidak bernyawa. Jangan khawatir bila melihat mata dari bayi hamster yang tertutup, karena itu memang mereka masih baru lahir. Selain itu juga jangan menjauh bayi hamster ini dari jangkauan induknya.

2. Menjauhkan Bayi Hamster dari Hamster Jantan

Menjauhkan Bayi Hamster dari Hamster Jantan

Saat sedang hamil besar hamster betina dan juga hamster jantan sebaiknya dipisahkan. Sehingga mereka tidak berada di dalam satu kandang yang sama, karena hamster juga dalam beberapa kesempatan dapat melakukan hal kanibalisme kepada sesame jenisnya. Meskipun itu merupakan anaknya sendiri dia tidak akan memandang bulu. Maka dari itu untuk meminimalisir hal tersebut agar tidak terjadi, lebih baik untuk memisahkan kandang hamster jantan dengan hamster betina.

Karena kita tidak bisa terus memantau dan mengawasinya 24 jam, hal ini menjadi hal yang tepat untuk dilakukan. Selain itu juga mainan – mainan yang berada di dalam kandang, lebih baik dihilangkan terlebih dahulu dari dalam kandang. Karena ditakutkan bahwa bayi hamster akan terinjak oleh induknya ketika sedang bermain mainan di dalam kandang.

3. Jangan Menyentuh Bayi Hamster

Jangan Menyentuh Bayi Hamster

Memang bayi hamster ini menjadi hal yang sangat sensitive untuk dibicarakan, karena dalam perlakukan kita terhadap bayi hamster tersebut haruslah berhati – hati. Tidak bisa kita sebagai pemiliknya ingin memegang bayi hamster tersebut, bukan tanpa alasan untuk tidak  boleh melakukan hal tersebut. Sebab bila kita langsung menyentuh bayi hamster dengan tangan kosong akan meninggalkan bau tangan kita kepada badan bayi hamster ini.

Ini akan menyebabkan induk tersebut tidak ingin untuk merawat bayinya, bahkan hal buruk yang bisa terjadi adalah induknya tersebut bisa memakan anaknya sendiri karena baunya yang dijadikan sebagai ancaman. Tidak hanya oleh tangan manusia saja, tetapi oleh tangan hewan yang lainnya juga ini akan berpengaruh terhadap bayi hamster.

Itulah beberapa cara merawat bayi hamster yang baru lahir dengann tepat.